Perbandingan Hukum

Perbandingan Hukum adalah suatu kegiatan mencari persamaan dan perbedaan dari lembaga hukum dalam sistem hukum. Lembaga hukum yang diperbandingkan sebaiknya lembaga hukum yang sama, karena jika yang diperbandingkan lembaga hukum berbeda maka akan kurang manfaatnya. Misalnya membandingkan lembaga hukum perkawinan di Indonesia dan Inggris, lembaga hukum gadai di Indonesia dan Singapura. Bagaimana jika membandingkan lembaga hukum dalam satu sistem hukum? Hal ini dapat dilakukan, sebagai contoh  membandingkan UU Hak Cipta Tahun 1982 dengan UU Hak Cipta Tahun 1987.

Dalam perkembangannya, ada yang menganggap Perbandingan Hukum dianggap sebagai cabang ilmu dan ada juga yang menganggap sebagai metode penelitian.

Perbandingan Hukum sebagai Cabang Ilmu.
Sebagai cabang ilmu, dengan mencari persamaan dan perbedaan akan didapatkan suatu gambaran yang utuh dan menyeluruh tentang hukum sebagai gejala sosial. Gejala sosial adalah kebutuhan pokok di dalam masyarakat, yaitu :
– Hukum sebagai kebutuhan pokok untuk ketertiban, keamanan, dan kebahagiaan.
– Ekonomi sebagai kebutuhan pokok untuk kemakmuran.
Sebagai catatan, masalah sosial merupakan hal-hal yang meninbulkan keresahan di dalam masyarakat. Dengan demikian masalah sosial bukan suatu kebutuhan pokok.
Pakar-pakar yang menyatakan perbandingan hukum sebagai cabang ilmu adalah Saleilles dan Levi Ullmann.

Perbandingan Hukum sebagai Metode Penelitian.
Sedangkan sebagai metode penelitian, perbandingan hukum dianggap sekedar cara kerja dalam mencari persamaan dan perbedaan lembaga hukum dalam sistem hukum. Pakar-pakar yang mendukung pendapat ini adalah Guttridge dan Kaden.
Guttridge menyebutkan 2 (dua) metode, yaitu:
– Descriptive Comparative Law, yaitu metode dengan cara memaparkan persamaan dan perbedaan hukum. Tujuan metode ini adalah untuk mencari informasi.
– Applied Comparative Law, yaitu metode dengan cara mencari persamaan dan perbandingan hukum dengan tujuan untuk menerapkan.

to be continued…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s